Anda sudah punya produk atau jasa yang ingin Anda jual, tapi ingin mendapatkan respon dari target market Anda. Lalu Anda promosi, tapi customer tidak kunjung di dapat.
Apa yang salah? Apakah ada cara lain, selain harus menghabiskan uang Anda untuk terus berpromosi setiap hari?
Mengapa setelah anda menjual jasa/produk melalui internet, ternyata tidak ada orang yang tertarik untuk membelinya?
Misalnya saja anda menjual jasa kursus “self defense” atau kursus beladiri praktis secara online.
Setelah anda membuat situsnya, memberikan penawaran harga dan terus menunggu customer, namun yang ditunggu tidak kunjung datang.
Anda sudah merasa melakukan promosi namun pengunjung yang datang tidak ada yang merespon penawaran anda.
Dan anda lalu merasa bahwa jualan keahlian secara online hanya buang-buang waktu saja.
Hal ini bisa terjadi karena target market pembeli produk anda belum mengetahui situs anda.
Ingat bedakan antara target market dan visitor.
Orang yang datang ke situs anda adalah visitor/pengunjung.
Tidak semua visitor adalah target market dari produk/jasa yang anda tawarkan itu!
Jadi yang perlu anda pikirkan adalah ubah pendekatan anda dalam mendatangkan target market yaitu dalam hal ini adalah orang-orang yang menyukai beladiri praktis, para wanita karir di kota-kota besar atau bahkan ibu-ibu rumah tangga.
Tentu saja untuk mencari target market tersebut anda bisa gunakan tools seperti google keyword planner.
Namun sebenarnya ada cara yang sederhana yang bisa mendatangkan visitor tertarget untuk melihat penawaran keahlian anda tersebut.
Pendekatannya sederhana, anda harus menulis artikel pemasaran tentang produk/jasa anda secara konsisten di situs anda sehingga hal ini akan meningkatkan peringkat situs anda pada mesin pencari
Menulis artikel pemasaran baik itu yang terkait dengan produk/jasa anda, menulis pengalaman, berbagi keahlian, cerita sukses, dll adalah salah satu bentuk terbaik dari cara mendapatkan target market yang tepat secara online.
Dengan strategi menulis artikel marketing dengan dapat membuat pembaca artikel anda ketagihan membaca artikel anda dan mungkin pada akhirnya akan mengunjungi situs anda dan membeli produk yang anda tawarkan.
Ingat ya, untuk menulis artikel, anda harus terlebih dahulu memikirkan suatu subjek atau topik yang akan berhubungan dengan produk/jasa yang anda jual.
Jika anda menjual produk hewan peliharaan, anda mungkin ingin menulis tentang hewan peliharaan. Setelah Anda memikirkan topik untuk dibahas, cari tahu tentang itu, pastikan bahwa apa yang akan anda tulis sesuai dengan topik dari produk yang anda jual secara online itu.
Di awal-awal, cobalah untuk membuat artikel pemasaran produk anda yang sederhana dan mudah dibaca serta memberikan nilai tambah untuk pembaca.
Anda harus menulis artikel yang berkualitas sehingga anda bisa mendapatkan target market yang tepat untuk melihat produk yang anda tawarkan.
Dan berita baiknya adalah : ketika anda konsisten menulis artikel (pemasaran) tentang sebuah produk/jasa yang anda jual, maka pembeli akan datang dengan sendirinya!
Jangan pernah menulis artikel gado-gado artinya semua tema anda tulis. Ingat tujuan kita dari awal adalah supaya produk/jasa yang kita jual itu laku di internet
Dengan menulis artikel pemasaran yang berkualitas anda juga dapat meningkatkan penjualan anda.
Menulis artikel berkualitas juga menunjukkan pengetahuan anda tentang produk/jasa yang anda tawarkan, oleh karena itu bangunlah kredibilitas anda terlebih dahulu sebelum anda mendapatkan pelanggan/pembeli secara online
Jika anda mempunyai reputasi yang baik, orang-orang yang membeli produk anda akan merekomendasikan website anda kepada teman-teman dan teman-teman mereka akan merekomendasikan situs anda ke teman-teman mereka, dan sebagainya.
Ini adalah salah satu cara untuk menciptakan jaringan pelanggan yang loyal kepada anda.
Seperti yang anda dapat amati, menulis artikel yang berkualitas dapat membawa anda menargetkan pembeli melalui internet dan juga membangun reputasi anda
Contoh kasus sederhana:
Mentor saya (Gm.Susanto), membayar jasa seorang financial planner untuk membantu dia supaya becus mengatur keuangan pribadi dan keluarga.
Yes!
Bagaimana ceritanya dan darimana dia mendapatkannya?
Sederhana, dari internet!
Caranya?
Dia browsing di google!
Lalu saya memperhatikan ada seorang financial planner yang memiliki situs dan menjual keahliannya secara online melalui sebuah website.
Saya selalu baca dan ikuti setiap artikel yang dia tulis, beliau berbagi dari sudut pandang seorang financial planner, terkadang berbagi studi kasus, menjawab problem pembaca, memberitahukan jadwal mengisi radio, mengadakan seminar offline, diundang sebagai narasumber, dll.
Bahkan diapun menerbitkan buku!
Lalu mulai kirim email personal dan puas akan jawabannya.Kirim lagi dan dijawab, sampai saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa beliau.
Lalu saya tanyakan harga spesial jika saya ingin memakai jasanya dan dia ternyata memberikan respon dan potongan harga khusus untuk saya.
Perhatikan polanya!
Saya akhirnya menjadi klien dari financial planner tersebut dan saya adalah target market yang tepat dari dia.
Apa kuncinya?
Saya adalah target market yang sedang mencari solusi/tertarik akan hal-hal perencanaan keuangan praktis.
Lalu saya mencarinya di internet, dari sekian banyak situs perencanaan keuangan, akhirnya saya tertarik kepada situs miliknya.
Dalam hal ini dia konsisten berbagi dan menulis artikel yang terkait dan produk/jasa yang dia jual (spesifik dan bukan gado-gado) yang berkualitas.
Jadi untuk menyaring visitor biasa dengan target market ternyata kuncinya sangat sederhana bukan?
Konsisten saja untuk menulis artikel (pemasaran) yang terkait dengan produk/jasa yang anda jual di situs anda.
Anda bisa tulis dari sudut pandang anda, sudut pandang ahli, menuliskan kasus yang bisa diselesaikan setelah menggunakan produk/jasa anda, menulis testimoni pembeli, berbagi tips dan trik, membuat video “How to”-nya, terus memberi edukasi terhadap market online akan pentingnya penggunaan produk/jasa anda bagi kehidupan mereka.
Ingat, perhatikan saja contoh kasus sederhana tentang saya dan financial planner diatas.
Anda akan dapatkan polanya dan point pentingnya!
Seperti contoh financial planner diatas, pelan namun pasti dia selalu mendapatkan klien-klien tertarget yang suka dengan solusi yang dia berikan melalui tulisan-tulisanya di situsnya.
Publish atau terbitkan setidaknya dua artikel setiap minggu di website anda
Jika anda tidak memiliki bakat untuk menulis artikel, anda dapat selalu membayar orang untuk melakukan itu untuk anda, anda bisa bekerjasama dengan para penulis artikel di internet atau anda bisa memasang iklan lowongan yang mengatakan bahwa anda mempekerjakan orang untuk menulis 20 artikel untuk topik tertentu.
Setelah anda menerima artikel mereka, bayar mereka dengan harga yang telah disepakati. Ada banyak orang yang mencari pekerjaan di internet menulis artikel, jadi anda tidak perlu susah-susah mencari seseorang yang dapat menulis untuk anda.
Sekarang, anda sudah memiliki situs anda, produk yang siap untuk dijual, dan anda telah siap membuat artikel yang berkualitas.
Bagian yang paling menantang saat ini adalah menjaga pelanggan anda tetap memesan produk anda. Karena itulah salah satu cara agar anda terus mendapatkan pelanggan baru adalah dengan terus menulis artikel menarik yang berkaitan dengan jasa/produk yang anda jual secara online
Cara lain?
Ikuti terus tulisan saya yang akan berikan secara berkala sesuai dengan serial tema pembahasan yang akan saya berikan kepada anda secara gratis yang terkait dengan menjual keahlian/ide/hobi, menjual produk/jasa secara online sampai menjadi affiliate marketer yang berpenghasilan cukup setiap bulannya.
Hanya di blog ini!
Semoga bermanfaat ya:)
Sumber : kayadaribisnisinternet.com (GM Susanto)
Ingin tahu bagaimana cara saya menjadikan Internet sebagai sumber
income baru dan ingin belajar dengan dipandu langsung oleh Guru
Internet Marketing saya?
Pilih salah satu tema internet marketing sesuai dengan kebutuhan Anda.
1. Bagaimana cara mendapatkan pasif income jutaan rupiah/bulan dg menjual jasa (hobi&keahlian) secara online - > klik di Sini!
2. Bagaimana cara berjualan produk fisik secara online dengan omset ratusan juta rupiah setiap bulan -> klik di Sini!
3. Bagaimana cara mendapatkan ribuan dollar dengan mempromosikan produk milik orang lain di clickbank -> klik di Sini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar