PRODUK KAMI

Minat : Luqmanul Khakim HP : 085711081674 / 089605509038 / PIN BB : 54C29D51

Diskon Menarik utk setiap Produk Kami - Klik di Sini!

The Power of Social Media for Business


Hasil gambar untuk gambar social media

Revolution 2.0. Begitu salah satu pengamat menyebut tentang momen bersejarah di tepi sungai Nil itu. Atau sebuah pergerakan revolusioner yang di-fasilitasi oleh hadirnya social media seperti twitter dan facebook. Social media, atau acap disingkat menjadi socmed, memang telah memberikan dampak masif dalam sejumlah segi kehidupan, baik dalam aspek social, budaya, politik dan juga bisnis.

Social media kita tahu, merujuk pada sebuah situs yang berfokus pada user-generated contents and conversation. Milis sejatinya merupakan bentuk social media paling awal (apakah sekarang Anda masih rajin buka Milis?) Website berupa forum (ingat Kaskus dan sejenisnya) kemudian mengikuti. Social media kemudian menjadi ledakan setelah hadirnya media Blog, Facebook, Twitter, Youtube dan sejenisnya.

Lalu, social media strategy semacam apa yang layak diusung oleh para pelaku bisnis? Tulisan berikut mencoba meracik dan menghidangkannya dihadapan meja Anda sekalian.

Harus diakui hingga saat ini social media strategy banyak perusahaan di tanah air masih menempatkan Facebook ( dan juga Twitter) sebagai media utamanya. Dan itu wajar mengingat komunitas di dua web itu telah menembus angka 40 jutaan.

Demikianlah, banyak perusahaan yang kemudian berbondong-bondong membikin Page di FB atau membuka akun di Twitter. Namun sayang, tak ada satupun page milik brand tertentu (atau perusahaan) yang berhasil mencetak prestasi yang menonjol.

Lebih dari itu, dalam beragam social media activities itu, tak banyak brand atau perusahaan yang mampu membangun interaksi yang kuat dan layak dikenang oleh para konsumennya. Dengan kata lain hingga hari ini, tidak ada sebuah social media strategy yang rancak dan memiliki jejak panjang dalam hati para pelanggan.

Dan persis disitulah, kita kemudian teringat dengan sebuah social media yang hingga hari ini ternyata masih di-under estimate oleh semua perusahaan dan pengelola brand di tanah air. Media social itu bernama : blog.

Jujur saja, saya agak terkejut melihat fakta bahwa hingga hari ini tak ada satupun blog legendaris hadir dari para pengelola brand/perusahaan terkemuka di tanah air. Padahal jika dimanfaatkan dengan jitu dan dikombinasikan dengan media lain seperti FB dan Twitter, oh man, hasilnya akan amat manis.

Contoh pertama : kita membayangkan ada sebuah blog tentang perencanaan keuangan (financial planning) yang ditulis dengan renyah, konsisten, lengkap dengan tips-tips praktis mengelola keuangan keluarga, dana pendidikan anak, tips belanja hemat, dll. Pertanyaannya : kenapa Bank BNI, Bank Danamon atau yang lainnya tak pernah berpikir membuat blog dengan tema menarik seperti ini?

Contoh kedua : kita membayangkan ada sebuah blog mak nyos tentang dunia gadget, dengan segala perniknya, lengkap dengan beragam gambar gadget baru yang aduhai. Dan semua disertai dengan ulasan yang ditulis dengan renyah dan mengalir penuh keindahan. Wow. Pertanyaannya : kenapa XL, Telkomsel dan lainnya tak pernah berpikir membuat blog seperti itu?

Contoh terakhir : kita membayangkan hadirnya sebuah blog tentang motorbike, yang memberikan ulasan detil, namun ringan dan personal tentang segela hal dunia motor. Semuanya kemudian dilengkapi dengam video blog tentang motor-motor terbaru. Kalau saja Honda atau Yamaha mau membuat blog semacam ini.

Pesannya jelas : jika blog dengan tema-tema menarik semacam diatas dibangun dengan passion (seperti blog yang sedang Anda baca ini), lalu dirawat dengan penuh ketekunan, dan ditulis dengan gaya yang renyah, personal nan bersahabat, saya yakin dalam waktu satu tahun, blog- blog itu pasti menjelma menjadi powerful media untuk merangkul para pelanggan bagi sejumlah brand diatas.

Apalagi jika semuanya kemudian dikombinasikan dengan perbincangan di FB dan Twitter. Hasilnya pasti akan lebih jauh dikenang dibanding iklan di TV yang biayanya puluhan milyar.

Mudah-mudahan tulisan ini dibaca para pengelola brand di tanah air. Mudah-mudahan pula ada diantara mereka yang mau memulai membangun blog branding legendaris dengan tema-tema yang menarik. Deretan blog bermutu yang dikelola dengan passion dan penuh kegairahan.

(Tentu saja saya akan senang, jika ada diantara mereka yang juga mau mengundang saya menjadi konsultan untuk membangun corporate blog mereka).

- See more at: http://strategimanajemen.net/2011/02/14/the-power-of-social-media-for-business/#sthash.ww6yoE4h.dpuf

Ingin tahu bgm cara saya menjadikan Internet sebagai sumber income baru dan ingin belajar dengan dipandu langsung oleh Guru Internet Marketing saya?

Pilih salah satu tema internet marketing sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Bagaimana cara mendapatkan pasif income jutaan rupiah/bulan dg menjual jasa (hobi&keahlian) secara online - > klik di Sini!

2. Bagaimana cara berjualan produk fisik secara online dengan omset ratusan juta rupiah setiap bulan -> klik di Sini!

3. Bagaimana cara mendapatkan ribuan dollar dengan mempromosikan produk milik orang lain di clickbank -> klik di Sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 

Fans Page Kami

TOKO ANIS - BALAMOA TEGAL

TOKO ANIS - BALAMOA TEGAL
TOKO SEPATU & SERVER PULSA

Tutorial Internet Marketing

Diberdayakan oleh Blogger.

IKLAN