PRODUK KAMI

Minat : Luqmanul Khakim HP : 085711081674 / 089605509038 / PIN BB : 54C29D51

Diskon Menarik utk setiap Produk Kami - Klik di Sini!

Mahasiswa (Wajib) Berorganisasi - Menjamah Organisasi dengan Tiga Dimensi


Oleh Tim AndrieWongso

Di kalangan mahasiswa, istilah organisasi bukanlah suatu hal yang tabu lagi untuk dibicarakan. Pasalnya, sebagai seorang mahasiswa, organisasi bagai "kesejatian status" seorang mahasiswa. Akan tetapi, masih banyak saja mahasiswa yang berpandangan, bahwa organisasi adalah sesuatu hal yang ribet, membuang waktu dan sangat membosankan. Biasanya pendapat itu muncul, dari kalangan mahasiswa yang hanya menerka dari luar saja. Atau bahkan hanya menitipkan namanya, sebagai anak organisasi di kampusnya atau di daerahnya.

Sebelum berpikir negatif yang terlalu jauh, bagaimana kalau kita melihat lebih dulu, bagaimana organisasi diatur dan digunakan sebagai suatu alat perjuangan, yang sangat menantang dan jauh dari kata membosankan. Kita akan jamah satu persatu dari tiga kajian dimensi disiplin ilmu:

1. Hukum

Indonesia sebagai negara hukum yang demokratis, ternyata sudah secara gamblang mengatur sebuah organisasi, yang tertuang dalam sebuah UUD 1945 pasal 28 tentang HAM. Dengan mensakralisasi ke dalam sebuah UUD 1945, secara eksplisit pemerintah telah memberi sebuah hak prioritas berorganisasi kepada setiap orang. Terlebih seorang mahasiswa yang menyandang slogan agent of change, yang notabennya harus peka terhadap lingkungan sekitar. Untuk berkumpul, berserikat memperjuangkan haknya membangun bangsa dan negara.

Sehingga kehidupan seorang mahasiswa dengan organisasinya, sebetulnya telah dijamin dan dilindungi oleh Negara. Kondisi seperti ini, harus ditanggapi dengan sebuah implementasi secarareal, dan menyadarkan mahasiswa bahwa salah satu tugasnya ada pada sebuah organisasi, sebagai wadah awal untuk persiapan menuju wadah pada masyarakat secara independent.

2. Ekonomi

Walaupun sebuah organisasi bukan berasal dari ranah ekonomi, akan tetapi semua organisasi mengajarkan sebuah rangkaian keilmuan yang didapat secara singkat tanpa harus berada pada sebuah pendidikan formal. Salah satunya adalah pengelolahan uang. Organisasi dilihat sebagai suatu makhluk hidup yang juga harus dialiri dana segar untuk menopang segala kegiatan dan mimpi idealis para anggotanya. Dalam organisasi pun, manajamen keilmuan akan diilhami tanpa sadar dan singkat. Bila ingat pelajaran ekonomi sekolah menengah atas, di sana ada salah satunya, manajemen planning, organization, finance, requitment, dan sebagainya. Di sinilah para organisator akan belajar me-manage sebuah wadah kecil, agar sesuai dengan tujuannya.

3. Sosiologi

Di antara 3 dispilin ilmu yang disebutkan di atas, inilah ilmu pengetahuan yang mengkaji secara humanis-sosiologis. Yang harus diperhatikan ialah kepentingan masing-masing anggota. Secara nyata sebuah experience akan bermanfaat bagi personal di dalamnya. Tapi ketika berada di dalam organisasi, yang harus ditanamkan adalah kepentingan kelompok. Sehingga tujuan organisasi yang memiliki benyak kepala di dalamnya akan terorganisir dengan profesional.


Beberapa manfaat yang biasa dianalisis, oleh kaum organisatoris, antara lain; menambah pengalaman, memperoleh banyak teman dengan memperluas koneksi seluas-luasnya, mendapatkan sebuah informasi dan solusi dari sebuah permasalahan. Pelatihan bermasyrakat, bersosialisasi dan me-manage waktu menjadi bagian yang tidak terlupakan untuk menunjang sebuah kepemimpinan dalam diri setiap orang.

Ketiga disiplin ilmu ini sebetulnya sangat berhubungan. Ketika disatukan pada sebuah realita, pertemuan nilai dan cara menganalisisnya pun akan memberikan sebuah kesimpulan yang hampir sama. Karena sebuah organisasi pada dasarnya adalah sebuah sistem yang bergerak bersamaan dan menopang segala permasalahan yang sama pula.

Jadi sekarang tidak ada alasan lagi untuk para mahasiswa tidak berorganisasi. Karena Negara telah menjamin penuh kebebasan berkumpul, sehingga setiap orang yang berada dalam sebuah organisasi secara bebas akan mengeksplor diri mereka untuk mengatur organisasinya sesuai visi dan misi yang kredibel. Dan mendapatkan puluhan manfaat dari sebuah organisasi yang mereka geluti.

Luar biasa!

Ingin tahu bgm cara saya menjadikan Internet sebagai sumber income baru dan ingin belajar dengan dipandu langsung oleh Guru Internet Marketing saya?

Pilih salah satu tema internet marketing sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Bagaimana cara mendapatkan pasif income jutaan rupiah/bulan dg menjual jasa (hobi&keahlian) secara online - > klik di Sini!

2. Bagaimana cara berjualan produk fisik secara online dengan omset ratusan juta rupiah setiap bulan -> klik di Sini!

3. Bagaimana cara mendapatkan ribuan dollar dengan mempromosikan produk milik orang lain di clickbank -> klik di Sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 

Fans Page Kami

TOKO ANIS - BALAMOA TEGAL

TOKO ANIS - BALAMOA TEGAL
TOKO SEPATU & SERVER PULSA

Tutorial Internet Marketing

Diberdayakan oleh Blogger.

IKLAN